Welcome to my blog :)

rss

Senin, 12 April 2010

Wawan Dede Amung Sutarya


Wawan Dede Amung Sutarya

Wawan Dede Amung Sutarya yang bernama kecilkan Wawan Gunawan yang berkelahiran 5 Juli 1973 ini adalah pimpinan group munggul Pawenang Putra, meski umur nya masih terbilang muda tetapi kesuksesan nya dalam dunia padalangan telah melonjak tinggi. kemahiran nya dalam memainkan wayang golek sudah terlihat sejak umur 4 tahun, ketika umr 4 tahun beliau di buatkan wayang yang terbuat dari tanah oleh paman nya sebanyak 20 biji. Wayang-wayang itu selalu dimainkan di halaman rumahnya bersama teman-temanya dengan peralatan ember sebagai kendang nya.

Ketika duduk di kelas 3 sd, saat itu beliau pertama kali nya ngawayang siang di Sadang Serang hajatan nya Bpk. Ujang dan diiringi dengan gamelan lengkap beserta para nayaga nya. pada saat duduk di kelas 1 smp beliau sudah pentas di TVRI, setelah itu ketika duduk di kelas 2 smp beliau mulai ngawayang malam. pertama kali ngawayang malam di Kec.Luhur Agung.

Setelah menyelesaikan pendidikan nya di smp. beliau melanjutkan ke SMKI Bandung. Ketika di SMK beliau lebih memperdalam lagi ilmu nya di bidang padalangan dan saat itu juga beliau mulai merintis group dengan beranggotakan teman sekelas nya.Setelah selesai pendidikan nya di SMKI, beliau melanjutkan kembali pendidikan nya ke perguruan tiinggi atau yang lebih dikenal STSI. Pada saat itu, dalam masa kuliah beliau mulai mempunyai panggung sendiri, mulai mempunyai bendera di tiap-tiap daerah. karena banyak nya jobs yang berdatangan, kegiatan kuliah pun akhirnya terhentikan.Pada tahun 2000, tahun itu merupakan tahun awal dari kesuksesan nya. adapun prestasi yang telah di dapat oleh beliau diantara nya:

=> Pada Tahun 1997 meraih juara dalang terbaik tingkat madya

=> Pada Tahun 2009 juara kategori Penyaji Wayang Golek Terbaik Jawa Barat TVRI- PEPADI JAWABARAT

=> Pada Tahun 2009 juara kategori Garap Catur Terbaik Jawa Barat TVRI- PEPADI JAWABARAT

6 komentar:

Melinda :) mengatakan...

bagus bgd postingannya :)
terus berkarya yaa :)

Deni Nugraha mengatakan...

makasih,,,

admin mengatakan...

Bisa minta no contact person (no hp) nya kang wawan? kami ingin kang wawan manggung lagi di ciptagelar..

salam dari gunung halimun

Deni Nugraha mengatakan...

ieu numb contact kang wawan
081322513330

Unknown mengatakan...

pa wawan,..nineung iraha bade manggung deui di simpen limbangan,..

Unknown mengatakan...

Sukses kanggo ki lanceuk kang wawan, mudah2an we sim kuring kacandakeun seueur job na. Kang Deni blog na sae pisan, ajarkeun kuring nya, kumaha cara na ngadamel blog anu sae

Posting Komentar